Fungsi (K13 Revisi)

Materi terkait sebelumnya terdapat di

A. Notasi, Domain, dan Range Suatu Fungsi

\begin{array}{|l|l|}\hline \multicolumn{2}{|c|}{\begin{aligned}&\\\textrm{\textbf{Fungsi}}\: &\textrm{atau \textbf{pemetaan} dari A ke B adalah}\\ &\textrm{suatu relasi khusus yang memasangkan setiap}\: \: x\in A\\ &\textrm{ke tepat satu}\: \: y\in B.\\ & \end{aligned}}\\\hline \textrm{Notasi}&f:x \rightarrow y\: \: \: \textrm{atau}\: \: \: f:x \rightarrow f(x) \\\hline \textrm{Dibaca}&\textrm{fungsi}\: \: f\: \: \textrm{memetakan}\: \: x\in A\: \: \textrm{ke}\: \: y\in B\\\hline \: \: \: \: A&\textrm{Domain atau daerah asal fungsi atau}\quad D_{f}\\\hline \: \: \: \: \, x&\textrm{prapeta(sebelum dipetakan)}\\\hline \: \: \: \: B&\textrm{Kodomain atau daerah kawan fungsi atau}\quad K_{f}\\\hline \: \: \: \: \, y&\textrm{peta(bayangan dari prapeta) adalah Range atau}\quad R_{f}\\\hline \end{array}.

Perhatikanlah ilustrasi berikut!

\begin{array}{l|clllllllllll} \multicolumn{3}{c}{\begin{matrix} \: \: \textbf{Input}\\ \: (x) \end{matrix}}&&&&&&&&\\ \multicolumn{1}{l}{\textrm{\: }}&\Downarrow&&&&&&&&&\\ \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\\cline{1-1}\cline{3-3} &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\\cline{1-1}\cline{3-3} \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\ \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\\cline{4-8} \multicolumn{5}{|l}{\textrm{\: }}&&\multicolumn{2}{l|}{\textrm{\: }}&&\textbf{Output}\\\cline{9-9} \multicolumn{5}{|c}{\quad \LARGE\textbf{Proses}}&&\multicolumn{2}{l}{\textrm{\: }}&\Rightarrow &\: \: \: f(x)\\\cline{9-9} \multicolumn{5}{|l}{\textrm{.}}&&\multicolumn{2}{l|}{\textrm{\: }}& \\\cline{1-3}\cline{4-8} \end{array}.

Sebagai misal,

\begin{array}{l|clllllllllll} \multicolumn{3}{c}{\: \, \,\textbf{x}}&&&&&&&&\\ \multicolumn{1}{l}{\textrm{\: }}&\Downarrow&&&&&&&&&\\ \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\\cline{1-1}\cline{3-3} &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\ &&\multicolumn{2}{|l}{\textrm{\: }}&&&&&&\\\cline{1-1}\cline{3-3} \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\ \multicolumn{3}{|l|}{\textrm{\: }}&&&&&&&&\\\cline{4-8} \multicolumn{5}{|l}{\textrm{\: }}&&\multicolumn{2}{l|}{\textrm{\: }}&&\\\cline{9-9} \multicolumn{5}{|c}{\quad \LARGE\textbf{Proses}}&&\multicolumn{2}{l}{\textrm{\: }}&\Rightarrow &\: \: \: \textbf{3x+2}\\\cline{9-9} \multicolumn{5}{|l}{\textrm{.}}&&\multicolumn{2}{l|}{\textrm{\: }}& \\\cline{1-3}\cline{4-8} \end{array}.

Selanjutnya ilustrasi di atas dapat notasikan sebagai:

\begin{aligned}\LARGE\boxed{f:x\rightarrow f(x)=3x+2}&\\ &\textit{\underline{\textbf{dibaca}}}:\\ &"\textrm{Fungsi \textbf{\textit{f}} memetakan \textbf{\textit{x}} ke \textbf{3\textit{x}+2}}" \end{aligned}.

B. Sifat-Sifat Fungsi

\begin{array}{|c|c|l|}\hline \multicolumn{3}{|c|}{\textrm{Sifat-sifat fungsi}\: \: f : A\rightarrow B}\\\hline \textrm{Injektif(satu-satu)}&\textrm{Surjektif(pada)}&\textrm{Bijektif(korespondensi satu-satu)}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Jika setiap anggota}\\ &\textrm{himpunan A memiliki}\\ &\textrm{bayangan berbeda di}\\ &\textrm{himpunan B} \end{aligned}&\begin{aligned}&\textrm{Jika setiap anggota}\\ &\textrm{himpunan di B}\\ &\textrm{mempunyai prapeta}\\ &\textrm{di himpunan A} \end{aligned}&\begin{aligned}&\textrm{Jika fungsi yang injektif dan}\\ &\textrm{sekaligus juga surjektif}\\ &\\ & \end{aligned}\\\hline \end{array}..

C. Operasi Aljabar Fungsi

\begin{array}{|l|l|}\hline \textrm{Aljabar Fungsi}&\textrm{Daerah Asal}\\\hline (f+g)(x)=f(x)+g(x)&D_{_{(f+g)}}=D_{_{f}}\cap D_{_{g}}\\\hline (f-g)(x)=f(x)-g(x)&D_{_{(f-g)}}=D_{_{f}}\cap D_{_{g}}\\\hline (f.g)(x)=f(x).g(x)&D_{_{(f.g)}}=D_{_{f}}\cap D_{_{g}}\\\hline \left ( \displaystyle \frac{f}{g} \right )(x)=\displaystyle \frac{f(x)}{g(x)}&D_{_{\left ( \frac{f}{g} \right )}}=D_{_{f}}\cap D_{_{g}}\: , \\ &\textrm{dengan}\: \: g(x)\neq 0 \\\hline \end{array}..

D. Macam-Macam Fungsi

\begin{array}{|l|l|l|}\hline \multicolumn{3}{|c|}{\textrm{Macam-Macam Fungsi}}\\\hline &\textrm{Fungsi Konstan}&f(x)=c\\\cline{2-3} \raisebox{0.25ex}[0cm][0cm]{Fungsi Linear} &\textrm{Fungsi Identitas}&f(x)=x\\\cline{2-3} &\textrm{Fungsi linear/garis lurus}&f(x)=ax+b\\\hline \textrm{Fungsi Kuadrat}&\textrm{Fungsi Kuadrat/parabola}&f(x)=ax^{2}+bx+c,\quad a\neq 0\\\hline \textrm{Fungsi Rasional}&\textrm{Fungsi Pecahan}&f(x)=\displaystyle \frac{p(x)}{q(x)}\\\hline &\textrm{Fungsi Modulus(nilai mutlak)}&f(x)=\left | x \right |\\\cline{2-3} \raisebox{0.00ex}[0cm][0cm]{Fungsi Khusus} &\textrm{Fungsi tangga}&f(x)=\left \lfloor x \right \rfloor\\\cline{2-3} &\textrm{Fungsi genap dan ganjil}&\begin{cases} \textrm{Fungsi ganjil} & f(-x)=-f(x) \\ \textrm{Fungsi genap} & f(-x)=f(x) \end{cases}\\\hline \end{array}..

\LARGE\fbox{\LARGE\fbox{CONTOH SOAL}}.

\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Diketahui 2 humpuan sebagai berikut}:\\ &\begin{cases} \textrm{P} & =\left \{ -2,-1,0,1,2 \right \} \\ \textrm{Q} & =\left \{ 0,1,2,5,7 \right \} \end{cases}\\ &\textrm{Di antara relasi dari P ke Q berikut manakah yang merupakan fungsi}\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{A}=\left \{ (-2,0),(-1,0),(0,0),(1,0),(2,0) \right \}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{B}=\left \{ (-2,1),(-1,2),(0,5),(1,7),(-2,2) \right \}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{C}=\left \{ (-2,0),(-1,1),(0,2),(1,5),(2,7) \right \}\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\textrm{Semuanya Fungsi kecuali}\textbf{ poin b)} \end{array}..

\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Relasi berikut yang merupakan fungsi adalah}.... \end{array}.

.\qquad \begin{array}{|c|l|l|l|}\hline \textrm{Poin}&\textrm{Jenis}&\textrm{Keterangan}&\textrm{Keterangan lebih lanjut}\\\hline \textrm{a}&\textrm{Fungsi}&\begin{aligned}&\textrm{Sesuai definisi}\\ \end{aligned}&\\ &&\begin{aligned}&\textrm{\textbf{yaitu}}:\\ &\textrm{Setiap prepeta(anggota himpunan A)}\\ &\textrm{memiliki peta di himpunan B}\\ &\textrm{tepat satu} \end{aligned}&\begin{aligned}&\textrm{bukan fungsi \textbf{injektif}}\\ &\textrm{dan bukan pula fungsi \textbf{surjektif}} \end{aligned}\\\cline{1-3} \textrm{b}&\textrm{Fungsi}&\textrm{Sama di atas}&\\\hline \textrm{c}&\textrm{Bukan Fungsi}&\textrm{Tidak sesuai definisi}&\textrm{hanya berupa relasi saja}\\\hline \textrm{d}&\textrm{Fungsi}&\textrm{Sesuai definisi}&\textrm{Fungsi \textbf{bijektif}}\\\hline \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Tentukanlah daerah asal dari fungsi beberapa berikut}:\\ &\begin{array}{lllllllll}\\ \textrm{a}.&f(x)=x-3&\textrm{g}.&f(x)=\displaystyle \frac{\left | x \right |}{x}\\ \textrm{b}.&f(x)=\displaystyle \frac{6}{x^{2}-2x-8}&\textrm{h}.&f(x)=\left \lfloor x \right \rfloor\qquad \textrm{catatan}\: \: \left \lfloor x \right \rfloor\: \: \textrm{adalah bulat terbesar atau sama dengan}\: \: x\\ \textrm{c}.&f(x)=\displaystyle \frac{x^{2}-3x}{x^{2}-2x-15}&\textrm{i}.&f(x)=\left | x \right |+\left \lfloor x \right \rfloor\\ \textrm{d}.&y+2=x^{2}-5x+5&\textrm{j}.&f(x)=\sqrt{x^{2}-16}\\ \textrm{e}.&f(x)=\left | x-3 \right |&\textrm{k}.&f(x)=\sqrt{2x^{2}-50}\\ \textrm{f}.&f(x)=3-\left | 2x-1 \right |&\textrm{l}.&f(x)=\displaystyle \frac{2\sqrt{x}}{x-3} \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{array}{|c|c|c|}\hline (\textrm{a})&(\textrm{b})&(\textrm{c})\\\hline \begin{aligned}f(x)&=x-3\\ \textrm{selu}&\textrm{ruh bilangan real}\\ &x\: \: \textrm{akan terdefinisi}\\ &\textrm{atau tetap bernilai}\\ &\textrm{real}\\ \textrm{sehi}&\textrm{ngga},\\ D_{f}&=\left \{ x|x\in \mathbb{R} \right \}\\ & \end{aligned}&\begin{aligned}f(x)&=\displaystyle \frac{6}{x^{2}-2x-8}\\ \textrm{terd}&\textrm{efinisi ketika}\\ &\textrm{penyebut \textit{tidak} sama}\\ &\textrm{dengan}\: \: 0, \: \: \textrm{yaitu}:\\ &\begin{aligned}x^{2}-2x-8&\neq 0\\ (x-4)(x+2)&\neq 0\\ x\neq 4\: \: \textrm{dan}\: \: x&\neq -2 \end{aligned}\\ D_{f}&=\left \{ x|x\in \mathbb{R},\: x\neq 4\: \: \textrm{dan}\: \: x\neq -2 \right \} \end{aligned}&\begin{aligned}f(x)&=\left | x-3 \right |\\ D_{f}&=\left \{ x|x\in \mathbb{R} \right \}\\ \textrm{teta}&\textrm{pi pada \textit{range} fungsinya}\\ &\textrm{hanya akan berupa}\\ &\textrm{bilangan positif saja}.\\ \textrm{yait}&\textrm{u}:\\ R_{f}&=\left \{ y|y\in \mathbb{R},\: y\geq 0 \right \}\\ & \end{aligned}\\\hline \end{array} \end{array}..

\begin{array}{ll}\\ 4.&\textrm{Jika}\: \left | x \right |\: \textrm{menyatakan nilai mutlak}\\ &\textrm{dan}\: \left \lfloor x \right \rfloor\: \textrm{menyatakan bilangan bulat terbesarnatau sama dengan}\: x\\ &\textrm{misalkan}\: \: \left \lfloor 1,6 \right \rfloor=1,\: \left \lfloor \pi \right \rfloor=3\\ &\textrm{Jika diberikan}\: \: f(x)=\left | x \right |+\left \lfloor x \right \rfloor,\: \textrm{maka tentukanlah nilai untuk}\\ &\textrm{a}.\quad f\left ( -3,5 \right )+f\left ( 2,5 \right )\\ &\textrm{b}.\quad f\left ( -1,5 \right )+f\left ( 3,5 \right )\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{array}{l}\\ \begin{aligned}\textrm{a}.f\left ( -3,5 \right )+f\left ( 2,5 \right )&=\left | -3,5 \right |+\left \lfloor -3,5 \right \rfloor+\left | 2,5 \right |+\left \lfloor 2,5 \right \rfloor\\ &=3,5+\left ( -4 \right )+2,5+2\\ &=4 \end{aligned}\\ \begin{aligned}\textrm{b}.f\left ( -1,5 \right )+f\left ( 3,5 \right )&=\left | -1,5 \right |+\left \lfloor -1,5 \right \rfloor+\left | 3,5 \right |+\left \lfloor 3,5 \right \rfloor\\ &=1,5+(-2)+3,5+3\\ &=6 \end{aligned} \end{array} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ 5.&\textrm{Jika diketahui relasi}\: \: f\: \: \textrm{dengan kondisi}\\ &\begin{array}{l} (\textrm{a}).\quad f(1)=1\\ (\textrm{b}).\quad f(2x)=4f(x)+6\\ (\textrm{c}).\quad f(x+2)=f(x)+12x+12 \end{array}\\ &\textrm{maka nilai}\: \: f(14)\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}f(1)&=1\\ f(2.1)=f(2)&=4f(1)+6=4.1+6=10\\ f(1+2)=f(3)&=f(1)+12.1+12\\ f(3)&=1+12+12=25\\ f(3+2)=f(5)&=f(3)+12.3+12\\ f(5)&=25+36+12=73\\ f(5+2)=f(7)&= f(5)+12.5+12\\ f(7)&=73+60+12=145\\ f(7.2)=f(14)&=4.f(7)+6\\ f(14)&=4.145+6=580+6\\ &=586 \end{aligned} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ 6.&\textbf{(OSK 2013)}\textrm{Fungsi}\: \: f\: \: \textrm{didefinisikan oleh}\: \: f(x)=\displaystyle \frac{kx}{2x+3},\quad x=-\displaystyle \frac{3}{2}.\\ & \textrm{Tentukanlah nilai}\: \: k\: \: \textrm{agar}\: \: f(f(x))=x\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}f(x)&=\displaystyle \frac{kx}{2x+3},\quad x\neq -\frac{2}{3}\\ f\left ( f(x) \right )&=x\\ x&=f\left ( f(x) \right )\\ x&=\displaystyle \frac{k\left ( \displaystyle \frac{kx}{2x+3} \right )}{2\left ( \displaystyle \frac{kx}{2x+3} \right )+3}\\ x&=\displaystyle \frac{\displaystyle \frac{k^{2}x}{2x+3}}{\displaystyle \frac{2kx+3(2x+3)}{2x+3}}\\ x&=\displaystyle \frac{k^{2}x}{2kx+6x+9}\\ 2kx+6x+9&=k^{2}\\ 0&=k^{2}-2xk-6x-9\\ 0&=(k+3)(k-2x-3)\\ &\quad k=-3\: \: \textrm{atau}\: \: k=2x+3 \end{aligned} \end{array}.

Tentang ahmadthohir1089

Nama saya Ahmad Thohir asli orang Purwodadi, Jawa Tengah, lahir di Grobogan 02 Februari 1980. Pendidikan : Tingkat dasar lulus dari MI Nahdlatut Thullab di desa Manggarwetan,kecamatan Godong lulus tahun 1993. dan untuk tingkat menengah saya tempuh di MTs Nahdlatut Thullab Manggar Wetan lulus tahun 1996. Sedang untuk tingkat SMA saya menamatkannya di MA Futuhiyyah-2 Mranggen, Demak lulus tahun 1999. Setelah itu saya Kuliah di IKIP PGRI Semarang pada fakultas FPMIPA Pendidikan Matematika lulus tahun 2004. Pekerjaan : Sebagai guru (PNS DPK Kemenag) mapel matematika di MA Futuhiyah Jeketro, Gubug. Pengalaman mengajar : 1. GTT di MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan Gubug tahun 2003 s/d 2005 2. GTT di SMK Negeri 3 Semarang 2005 s/d 2009 3. GT di MA Futuhiyah Jeketro Gubug sejak 1 September 2009
Pos ini dipublikasikan di Info, Matematika, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar