Contoh Soal Persiapan Semester Genap Kelas X 2016

\begin{array}{ll}\\ \fbox{1}.&\textrm{Pernyataan majmuk berbentuk " p dan q " disebut sebagai ....}\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{disjungsi.}\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{konjungsi}\\ &\textrm{C}.\quad \textrm{implikasi}\\ &\textrm{D}.\quad \textrm{biimplikasi}\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{negasi}\end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab: B}\\ \textrm{Pernyataan berbentuk "p dan q" disebut sebagai \textbf{konjungsi}}..

\begin{array}{ll}\\ \fbox{2}.&\textrm{Berikut yang merupakan pernyataan adalah....}\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{a bukan faktor dari 2016}\\ &\textrm{B}.\quad x+3=-1\\ &\textrm{C}.\quad x^{2}-2x-8=0\\ &\textrm{D}.\quad \sin ^{2}a+\cos ^{2}a=1\: \textrm{untuk semua}\: a\in \mathbb{R}\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{x adalah bilangan prima}\end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab: D}.

Semua opsi menunjukkan kalimat terbuka atau kalimat yang mengandung variabel/peubah sehingga memungkinkan terdapat 2 jawaban yaitu dapat menjadi benar jika variabel tersebut berupa nilai yang sesuai dan dapat menjadi salah jika variabel tersebut diganti dengan nilai yang tidak sesuai kecuali opsi D. Apapun pengganti variabelnya pada opsi D tersebut jika masih berupa bilangan riil maka akan selalu benar.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{3}.&\textrm{Persamaan manakah berikut ini yang tidak akan pernah bernilai benar adalah ....}\\ &\textrm{A}.\quad \sin 2x=2\sin x\\ &\textrm{B}.\quad \cos x=\tan x\\ &\textrm{C}.\quad \sin A+\cos A=2\\ &\textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{a^{2}-b^{2}}{a-b}=a-b\\ &\textrm{E}.\quad \displaystyle \sqrt{a^{2}+b^{2}}=a+b\end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab: C}.

\begin{array}{|l|l|l|}\hline \textrm{Opsi}&\textrm{Persamaan}&\textrm{Benar saat/di antaranya sebagai berikut}\\\hline \textrm{A}&\sin 2x=2\sin x&x=0^{\circ}\\\hline \textrm{B}&\cos x=\tan x&\textrm{kedua grafik berpotongan di titik potongnya}\\\hline \textrm{C}&\sin A+\cos A=2&\textrm{tidak mungkin karena}\: \sin ^{2}A+\cos ^{2}A=1\\\hline \textrm{D}&\displaystyle \frac{a^{2}-b^{2}}{a-b}=a-b&\begin{cases} a & =1\\ b & =0 \end{cases}\\\cline{1-2} \textrm{E}&\displaystyle \sqrt{a^{2}+b^{2}}=a+b&\\\hline \end{array}.

Berikut gambar grafik fungsinya

348

\begin{array}{ll}\\ \fbox{4}.&\textrm{Perhatikanlah tabel berikut}\\ &\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \begin{array}{|c|c|c|c|c|c|c|}\hline p&q&\multicolumn{5}{c|}{\sim q\Rightarrow \: \sim p}\\\hline B&B&B&B&S&S&S\\\hline B&S&B&S&B&B&B\\\hline S&B&S&B&S&B&B\\\hline S&S&B&B&B&S&B\\\hline \multicolumn{2}{|c|}{\textrm{Kolom}}&\textrm{I}&\textrm{II}&\textrm{III}&\textrm{IV}&\textrm{V}\\\hline \end{array}\\ &\\ &\textrm{Jika}\: \sim p\: \: \textrm{adalah negasi p dan B=benar, S=salah, maka nilai kebenaran dari}\\ &\textrm{pernataan}\: \: \sim q\Rightarrow \: \sim p\: \: \textrm{terdapat pada kolom ....}\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{I}\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{II}\\ &\textrm{C}.\quad \textrm{III}\\ &\textrm{D}.\quad \textrm{IV}\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{V}\end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab: B}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{5}.&\textrm{Ingkaran untuk}\: \left ( p\wedge q \right )\Rightarrow r\: \: \textrm{adalah ....}\\ &\textrm{A}.\quad \sim p\: \vee \sim q\vee r\\ &\textrm{B}.\quad \left ( \sim p\: \wedge q \right )\vee r\\ &\textrm{C}.\quad p\wedge q\: \wedge \sim r\\ &\textrm{D}.\quad \sim p\: \wedge \sim q\wedge r\\ &\textrm{E}.\quad \left ( \sim p\: \vee \sim q \right )\wedge r\end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{C}\\ \textrm{Ingat bahwa }\: \: \boxed{p\Rightarrow q\equiv \: \sim p\vee q}, \textrm{maka}\: \sim \left ( p\Rightarrow q \right )\equiv p\: \wedge \sim q\\ \begin{aligned}\textrm{Sehingga ingkaran}\: \: \left ( p\wedge q \right )\Rightarrow r&\equiv \left ( p\wedge q \right )\: \wedge \sim r\\ &\equiv \: p \: \wedge q\: \wedge \sim r\end{aligned}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{6}.&\textrm{Diberikan beberapa penarikan kesimpulan sebagai berikut}\\ &\begin{array}{lll}\\ \begin{aligned}(1)\qquad \sim p\Rightarrow &q\\ &q\\ ---&-\\ \therefore p\quad&\\ &\\ (2)\qquad \sim p\Rightarrow &q\\ \sim p\quad\: &\\ ---&-\\ \therefore q\quad& \end{aligned}&\qquad\qquad.&\begin{aligned}(3)\qquad p\Rightarrow &\sim q\\ p\quad\: &\\ --&--\\ \therefore \: \sim q&\\ &\\ (4)\qquad p\Rightarrow &\sim q\\ &\quad \: \: q\\ --&--\\ \therefore \: \sim p& \end{aligned} \end{array}\\ &\\ &\textrm{Penarikan kesimpulan yang sah adalah ....}\\ &\textrm{A}.\quad (1)\: \textrm{dan}\: (3)\\ &\textrm{B}.\quad (2)\: \textrm{dan}\: (4)\\ &\textrm{C}.\quad (1),\: (2)\: \textrm{dan}\: (3)\\ &\textrm{D}.\quad (1),\: (2)\: \textrm{dan}\: (4)\\ &\textrm{E}.\quad (2),\: (3)\: \: \textrm{dan}\: (4) \end{array}\\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{E}\\.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{7}.&\textrm{Diketahui}\\ &\\ &\begin{aligned}\textrm{premis 1:}\quad &p\Rightarrow \: \sim q\\ \textrm{premis 2:}\quad &q\vee r\\ &----\\ &\therefore p\Rightarrow r\\ & \end{aligned}\\ &\textrm{Kesimpulan ini merupakan ....}\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{konvers}\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{kontraposisi}\\ &\textrm{C}.\quad \textrm{modus ponens}\\ &\textrm{D}.\quad \textrm{modus tollens}\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{silogisme} \end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{C}\\ \textrm{Diketahui}\: \: \sim q\Rightarrow r\equiv q\vee r, \: \textrm{maka penarikan kesimpulan di atas dapat kita tuliskan sebagai}\\ \begin{aligned}\textrm{premis 1:}\quad &\: \: \: \: \: \: p\Rightarrow \: \sim q\\ \textrm{premis 2:}\quad &\sim q\Rightarrow r\\ &----\\ &\therefore p\Rightarrow r\\ &\\ &\textbf{(Silogisme)} \end{aligned}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{8}.&\textrm{Suatu pernyataan yang senilai dengan pernyataan:}\\ &"\textrm{Jika Andi datang, maka saya tidak pergi}."\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{Jika saya pergi, maka Andi tidak datang}\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{Jika saya tidak pergi, maka Andi datang}\\ &\textrm{C}.\quad \textrm{Jika Andi datang, maka saya pergi}\\ &\textrm{D}.\quad \textrm{Jika Andi tidak datang, maka saya tidak pergi}\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{Jika saya pergi, maka Andi datang} \end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{A}\\.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{9}.&\textrm{Harga dari }120^{\circ}\: \textrm{senilai dengan ....}\\ &\\ &\textrm{A}.\quad \displaystyle \frac{1}{5}\pi \: \: \textrm{radian}\\ &\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\pi \: \: \textrm{radian}\\ &\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{2}{5}\pi \: \: \textrm{radian}\\ &\\ &\textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{3}{5}\pi \: \: \textrm{radian}\\ &\\ &\textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{2}{3}\pi \: \: \textrm{radian} \end{array}\\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{E}\\\\ \begin{aligned}120^{\circ}&=\displaystyle \frac{2}{3}\times 180^{\circ}=\frac{2}{3}\pi \: \: \textrm{radian} \end{aligned}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{10}.&\textrm{Nilai dari} \: \sin 300^{\circ}=....\\ &\textrm{A}.\quad \sqrt{3}\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3}\\ &\textrm{C}.\quad -\displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3}\\ &\textrm{D}.\quad -\displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3}\\ &\textrm{E}.\quad -\sqrt{3} \end{array}\\\\\\ \textrm{Jawab}:\textrm{D}\\\\ \begin{aligned}\sin 300^{\circ}&=\sin \left ( 360^{\circ}-60^{\circ} \right )\\ &=-\sin 60^{\circ}\\ &=-\displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3} \end{aligned}.

 

Tentang ahmadthohir1089

Nama saya Ahmad Thohir, asli orang Purwodadi lahir di Grobogan 02 Februari 1980. Pendidikan : Tingkat dasar lulus dari MI Nahdlatut Thullab di desa Manggarwetan,kecamatan Godong lulus tahun 1993. dan untuk tingkat menengah saya tempuh di MTs Nahdlatut Thullab Manggar Wetan lulus tahun 1996. Sedang untuk tingkat SMA saya menamatkannya di MA Futuhiyyah-2 Mranggen, Demak lulus tahun 1999. Setelah itu saya Kuliah di IKIP PGRI Semarang pada fakultas FPMIPA Pendidikan Matematika lulus tahun 2004. Pekerjaan : Sebagai guru (PNS DPK Kemenag) mapel matematika di MA Futuhiyah Jeketro, Gubug. Pengalaman mengajar : 1. GTT di MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan Gubug tahun 2003 s/d 2005 2. GTT di SMK Negeri 3 Semarang 2005 s/d 2009 3. GT di MA Futuhiyah Jeketro Gubug sejak 1 September 2009
Pos ini dipublikasikan di Info, Matematika, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s