Latihan Soal

\LARGE\boxed{\LARGE\boxed{\LARGE\mathbb{{LATIHAN}\: \: { SOAL}}}}.

\fbox{1}. Berikut merupakan sebuah pernyataan adalah ….

\begin{array}{p{0.5cm}p{10.0cm}}\\ A.&Pindahkan sepeda itu!\\ B.&Untuk x = 3, berapa nilai 3x+2?\\ C.&2015 habis dibagi 8\\ D.&Usman berbadan kurus\\ E.&Tentukanlah nilai y pada persamaan 4y + 3 = 2 \end{array}.

\fbox{2}. (SPMU UNNES 2009 Mat-Das_9763) Kalimat yang setara dengan dengan pernyataan ” Tidak benar bahwa Budi kaya dan pandai ”  adalah ….

\begin{tabular}{p{0.5cm}p{10.0cm}}\\ A.&Budi tidak kaya dan bodoh\\ B.&Budi tidak kaya atau bodoh\\ C.&Budi tidak kaya tetapi bodoh\\ D.&Budi tidak kaya tetapi pandai \end{tabular}                       .

\fbox{3}. (UN Matematika SMA/MA IPA 2014) Pernyataan yang setara dengan pernyataan ” Jika suatu bilangan habis dibagi 6 maka bilangan tersebut habis dibagi 3 ” adalah ….

\begin{tabular}{p{0.5cm}p{14.0cm}}\\ A.&Jika suatu bilangan tidak habis dibagi 6, maka bilangan tersebut tidak habis dibagi 3.\\ B.&Jika suatu bilangan tidak habis dibagi 3, maka bilangan tersebut tidak habis dibagi 6.\\ C.&Jika suatu bilangan habis dibagi 3, maka bilangan tersebut habis dibagi 6.\\ D.&Suatu bilangan habis dibagi 6 dan bilangan tersebut tidak habis dibagi 3.\\ E.&Suatu bilangan habis dibagi 3 dan bilangan tersebut tidak habis dibagi 6. \end{tabular}     .

\fbox{4}. (SPMU UNNES 2009 Mat-Das_9763) Asumsikan bahwa pernyataan berikut bernilai benar, yaitu ” Semua dokter pandai matematika. ”  Jika budi bukan seorang dokter, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah ….

\begin{tabular}{p{0.5cm}p{10.0cm}}\\ A.&Budi tidak pandai matematika\\ B.&Budi pandai matematika\\ C.&Budi tidak pernal belajar ilmu kedokteran\\ D.&Tidak ada simpulan yang benar \end{tabular}                          .

\begin{tabular}{p{16.0cm}}\\ \fbox{5}. (UN Matematika SMA/MA IPA 2014)\\\\ Diketahui premis-premis berikut:\\ a)\: Jika penguasaan siswa terhadap matematika rendah, maka siswa sulit menguasai IPA\\ b)\: Jika siswa sulit menguasai IPA, maka IPTEK tidak berkembang\\ c)\: IPTEK berkembang \end{tabular}\\ \begin{tabular}{l}\\ Kesimpulan yang sah dari ketiga premis tersebut adalah .... \end{tabular}\\ \begin{tabular}{llp{0.5cm}p{14.0cm}}\\ &.&A.&Penguasaan siswa terhadap matematika tidak rendah atau IPTEK tidak berkembang.\\ &&B.&Penguasaan siswa terhadap matematika rendah dan IPTEK berkembang.\\ &&C.&Siswa mudah menguasai IPA atau IPTEK berkembang.\\ &&D.&Penguasaan siswa terhadap matematika tidak rendah.\\ &&E.&Penguasaan siswa terhadap matematika rendah. \end{tabular}   .

\begin{tabular}{p{16.0cm}}\\ \fbox{6}. (UN Matematika SMA/MA IPA 2014)\\\\ Diketahui tiga buah premis sebagai berikut:\\ a)\: Jika saya rajin, maka saya lulus ujian\\ b)\: Jika saya lulus ujian, maka saya mendapat hadiah\\ c)\: Saya tidak mendapat hadiah \end{tabular}\\ \begin{tabular}{l}\\ Kesimpulan yang sah dari premis-premis tersebut adalah .... \end{tabular}\\ \begin{tabular}{llp{0.5cm}p{14.0cm}}\\ &.&A.&Saya tidak lulus ujian.\\ &&B.&Saya rajin.\\ &&C.&Saya tidak rajin.\\ &&D.&Saya lulus ujian.\\ &&E.&Saya rajin tetapi tidak lulus ujian. \end{tabular}          .

\begin{tabular}{p{16.0cm}}\\ \fbox{7}. (UN Matematika SMA/MA IPA 2014)\\\\ Diketahui premis-premis berikut:\\ Premis 1 : Jika harga BBM naik, maka harga bahan pokok naik\\ Premis 2 : Jika harga bahan pokok naik, maka beberapa orang tidak senang\\ Premis 3 : Semua orang senang \end{tabular}\\ \begin{tabular}{l}\\ Kesimpulan yang sah dari ketiga premis tersebut adalah .... \end{tabular}\\ \begin{tabular}{llp{0.5cm}p{14.0cm}}\\ &.&A.&Harga BBM naik.\\ &&B.&Harga BBM tidak naik.\\ &&C.&Harga BBM tidak naik atau beberapa orang tidak senang.\\ &&D.&Harga bahan pokok naik dan beberapa orang tidak senang.\\ &&E.&Jika harga BBM naik maka beberapa orang tidak senang. \end{tabular}     .

\fbox{8}. Tabel kebenaran untuk \left ( p\wedge q \right )\Leftrightarrow \left ( \sim p\: \vee \sim q \right )  adalah ….

\begin{matrix} \textrm{A}. & BSSB & & & \textrm{C}. & SSSS & & & \textrm{D}. & SSSB\\ & & & & & & & & & \\ \textrm{B}. & BBBS & & & & & & & \textrm{E}. & BBBB \end{matrix}      .

\fbox{9}. Negasi dari implikasi ” Jika x-3=0 maka x^{2}-4x+3=0 ” adalah ….

\begin{array}{p{0.5cm}l}\\ A.&\textrm{Jika}\: x-3\neq 0\: \: \textrm{maka}\: \: x^{2}-4x+3=0\\ B.&\textrm{Jika}\: x-3=0\: \: \textrm{maka}\: \: x^{2}-4x+3\neq 0\\ C.&x-3=0\: \: \textrm{tetapi}\: \: x^{2}-4x+3\neq 0\\ D.&x-3\neq 0\: \: \textrm{tetapi}\: \: x^{2}-4x+3=0\\ E.&\textrm{Jika}\: \: x-3\neq 0\: \: \textrm{maka}\: \: x^{2}-4x+3\neq 0\end{array}    .

\begin{tabular}{ll}\\ \fbox{10}.&Premis 1:\quad Jika suatu bilangan habis dibagi 6, maka bilangan tersebut habis dibagi 3\\ &Premis 2:\quad 60 habis dibagi 6\\ &Kesimpulan:\quad 60 habis dibagi 3\\\\ &Penarikan kesimpulan seperti di atas disebut dengan ....\\ &A.\quad Modus ponens\\ &B.\quad Modus tollens\\ &C.\quad Silogisme\\ &D.\quad Kontraposisi\\ &E.\quad Konvers \end{tabular}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{11}.&\textrm{Nilai}\: \textrm{kebenaran}\: \textrm{dari}\: \left ( p\Rightarrow q \right )\: \vee \sim q\: \textrm{sama}\: \textrm{dengan}....\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{Tautologi}\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{Kontradiksi}\\ &\textrm{C}.\quad \sim p\\ &\textrm{D}.\quad \sim q\\ &\textrm{E}.\quad \left ( p\vee q \right ) \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{12}.&\textrm{Nilai}\: \textrm{dari}\quad \displaystyle \frac{\sin 150^{0}-\cos 120^{0}+\tan 210^{0}}{\tan 225^{0}-\cos 300^{0}+\sin 330^{0}}=....\\\\ &\textrm{A}.\quad -\left ( \sqrt{3}+1 \right )\qquad\qquad\quad\quad \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3}\\ &\textrm{B}.\quad -\left ( \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3}+1 \right )\: \: \: \, \quad\quad\quad\quad \textrm{E}.\quad \sqrt{3}\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3}+1 \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{13}.&\textrm{Diketahui}\: \textrm{nilai}\: \: \tan \alpha =\displaystyle \frac{1}{m}\: \left ( 0< \alpha < \displaystyle \frac{\pi }{2} \right ).\: \textrm{Nilai}\: \cos \alpha -\displaystyle \frac{1}{\sin \alpha }\: \textrm{adalah}....\\\\ &\textrm{A}.\quad \displaystyle \frac{m^{2}+m+1}{\sqrt{1+m^{2}}}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{m^{2}-m-1}{\sqrt{1+m^{2}}}\\\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{m^{2}+m-1}{\sqrt{1+m^{2}}}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{-m^{2}+m-1}{\sqrt{1+m^{2}}}\\\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{m^{2}-m+1}{\sqrt{1+m^{2}}}\\ \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{14}.&\textrm{Himpunan}\: \textrm{penyelesaian}\: \textrm{dari}\: \textrm{persamaan}\: \textrm{berikut}\\ &2\sin 3x=\sqrt{3}\: \: \textrm{untuk}\: \: 0^{0}\leq x\leq 360^{0}\: \: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad \left \{ 28^{0},140^{0},260^{0} \right \}\\ &\textrm{B}.\quad \left \{ 10^{0},130^{0},250^{0} \right \}\\ &\textrm{C}.\quad \left \{ 20^{0},40^{0},140^{0},160^{0},260^{0},280^{0} \right \}\\ &\textrm{D}.\quad \left \{ 10^{0},50^{0},140^{0},170^{0},260^{0},290^{0} \right \}\\ &\textrm{E}.\quad \left \{ 15^{0},135^{0},255^{0} \right \} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{15}.&\textrm{Himpunan}\: \textrm{penyelesaian}\: \textrm{dari}\: \textrm{persamaan}\: \textrm{berikut}\\ &\cos \displaystyle \frac{x}{2}=\displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3}\: \: \textrm{untuk}\: \: 0^{0}\leq x\leq 360^{0}\: \: \textrm{adalah}....\\\\ &\textrm{A}.\quad \left \{ 90^{0},180^{0} \right \}\\ &\textrm{B}.\quad \left \{ 180^{0},270^{0} \right \}\\ &\textrm{C}.\quad \left \{ 270^{0},360^{0} \right \}\\ &\textrm{D}.\quad \left \{ 90^{0},270^{0} \right \}\\ &\textrm{E}.\quad \left \{ 180^{0},360^{0} \right \} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{16}.&\textrm{Koordinat}\: \textrm{kutub}\: \textrm{dari}\: \textrm{titik} \: \left ( -1,-\sqrt{3} \right )\: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad \left ( 4,210^{0} \right )\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \left ( 5,240^{0} \right )\\ &\textrm{B}.\quad \left ( 2,240^{0} \right )\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{E}.\quad \left ( 2,210^{0} \right )\\ &\textrm{C}.\quad \left ( 6,225^{0} \right )\end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{17}.&\textrm{Diketahui}\: \cos x.\cos y+\sin x.\sin y=\displaystyle \frac{4}{5}\:\: \textrm{dan}\: \: \sin x.\sin y=\displaystyle \frac{3}{10}.\: \textrm{Nilai}\: \tan x.\tan y\: \: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad \displaystyle -\frac{5}{3}\qquad\qquad\quad\quad \,\, \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{3}{5}\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle -\frac{4}{3}\qquad\qquad\quad\quad \, \, \textrm{E}.\quad \displaystyle -\frac{3}{5}\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{5}{3}\\ \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{18}.&\textrm{Bentuk}\: \textrm{sederhana}\: \textrm{dari}\: \: \displaystyle \frac{\sin ^{4}x+\cos ^{2}x}{\sin ^{2}x}+\cos ^{2}x\: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad \sin ^{2}x\qquad\qquad\quad\quad \,\, \textrm{D}.\quad \sec ^{2}x\\ &\textrm{B}.\quad \cos ^{2}x\qquad\qquad\quad\quad \: \textrm{E}.\quad \csc ^{2}x\\ &\textrm{C}.\quad \tan ^{2}x\\ \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{19}.&\textrm{Diketahui}\: \textrm{koordinat}\: \textrm{kutub}\: \textrm{titik} \: \textrm{P}\left ( 2,117^{0} \right )\: \textrm{dan}\: \sin 27^{0}=\displaystyle \frac{1}{a}.\: \textrm{Koordinat}\: \textrm{kartesius}\: \textrm{titik}\: \textrm{P}\: \textrm{adalah}....\\\\ &\textrm{A}.\quad \left ( -\displaystyle \frac{2}{a},\displaystyle \frac{-2\sqrt{a^{2}-1}}{a} \right )\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \left ( -\displaystyle \frac{2}{a},\displaystyle \frac{2\sqrt{a^{2}-1}}{a} \right )\\ &\textrm{B}.\quad \left ( \displaystyle \frac{2}{a},\displaystyle \frac{2\sqrt{1-a^{2}}}{a} \right )\qquad\qquad\qquad\qquad\quad \: \: \, \textrm{E}.\quad \left ( \displaystyle \frac{2}{a},\displaystyle \frac{2\sqrt{a^{2}-1}}{a} \right )\\ &\textrm{C}.\quad \left ( -\displaystyle \frac{2}{a},\displaystyle \frac{2\sqrt{1-a^{2}}}{a} \right )\end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{20}.&\textrm{Jika}\: \textrm{diketahui}\: \triangle PQR\: \textrm{dengan}\: p=6\: ,q=6\sqrt{3}\: ,dan\: \angle P=30^{0},\: \textrm{maka}\: \angle R\: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad 30^{0}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad 60^{0}\\ &\textrm{B}.\quad 45^{0}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{E}.\quad 90^{0}\\ &\textrm{C}.\quad 50^{0} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{21}.&\textrm{Jika}\: \textrm{diketahui}\: \triangle PQR\: \textrm{dengan}\: p+q+r=100\: \textrm{cm}\: ,\angle Q=30^{0},\:\textrm{dan}\: \: \angle R=120^{0} \: \textrm{maka}\: \textrm{panjang}\: \textrm{sisi}\: r\: \textrm{adalah}....\textrm{cm}\\ &\textrm{A}.\quad 100\left ( 2\sqrt{3}-3 \right )\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad 50\left ( 2\sqrt{3}+3 \right )\\ &\textrm{B}.\quad 100\left ( 2\sqrt{3}+3 \right )\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{E}.\quad 200\sqrt{3}\\ &\textrm{C}.\quad 50 \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{22}.&(\textrm{Ujian}\: \textrm{Nasional}\: \textrm{2004})\\ &\textrm{Diketahui}\: \textrm{jajargenjang}\: \textrm{SMNT}\: \textrm{dengan}\: \textrm{panjang}\: \textrm{SM=3},\: \textrm{MN=5},\: \textrm{dan}\: \textrm{diagonal}\: \textrm{SN=7}.\\ &\textrm{Nilai}\: \cos \angle \textrm{TNM}\: \textrm{adalah}....\\ &\textrm{A}.\quad \displaystyle \frac{16}{49}\qquad\qquad\qquad\quad \:\, \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3}\\\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{47}{49}\\\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{23}.&\textrm{Jika}\: \textrm{diketahui}\: \triangle PQR\: \textrm{dengan}\: p+2=q+1=r=7,\: \textrm{maka}\: \textrm{luas}\: \triangle PQR\: \textrm{tersebut}\: \textrm{adalah}....cm^{2}\\ &\textrm{A}.\quad 12\sqrt{2}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad 6\sqrt{3}\\ &\textrm{B}.\quad 8\sqrt{6}\qquad\qquad\qquad\qquad \: \, \, \textrm{E}.\quad 4\sqrt{6}\\ &\textrm{C}.\quad 6\sqrt{6} \end{array}.

\fbox{24}. Perhatikanlah gambar berikut ini

257

\begin{array}{ll}\\ .\quad &\textrm{Persamaan}\: \textrm{yang}\: \textrm{tepat}\: \textrm{jika}\: \textbf{x}\: \textrm{mewakili}\: \textrm{sumbu}\: \textrm{mendatar}\: \textrm{dan}\: \textbf{y}\: \textrm{mewakili}\: \textrm{sumbu}\: \textrm{tegak}\: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad \textrm{y}=\sin x\\ &\textrm{B}.\quad \textrm{y}=\cos x\\ &\textrm{C}.\quad \textrm{y}=-\sin x\\ &\textrm{D}.\quad \textrm{y}=-\cos x\\ &\textrm{E}.\quad \textrm{y}=\sin 2x \end{array}.

\fbox{25}. Tentukanlah persamaan grafik fungsi trigonometri berikut

a)

228

b)

229

 

\begin{array}{ll}\\ \fbox{26}.&\textrm{Diketahui}\: \textrm{garis}\: h\: \textrm{dan}\: k\: \textrm{pada}\: \textrm{bidang}\: W\: \textrm{dengan}\: h\perp k.\: \textrm{Jika}\: \textrm{garis}\: g\: \textrm{tegak}\: \textrm{lurus}\: W,\: \textup{maka}\: ....\\ &1.\quad \textrm{terdapat}\: \textrm{bidang}\: \textrm{melalui}\: g\: \textrm{dan}\: \textrm{sejajar}\: h\\ &2.\quad \textrm{terdapat}\: \textrm{garis}\: \textrm{yang}\: \textrm{memotong}\: g\: \textrm{sejajar}\: W\: \textrm{dan}\: \textrm{tegak}\: \textrm{lurus}\: h\\ &3.\quad h\perp g\: \: \textrm{dan}\: \: k\perp g\\ &4.\quad \textrm{terdapat}\: \textrm{bidang}\: \textrm{yang}\: \textrm{tegak}\: \textrm{lurus}\: h\: \textrm{dan}\: \textrm{tegak}\: \textrm{lurus}\: g\\ &\textrm{Pernyataan}\: \textrm{di}\: \textrm{atas}\: \textrm{yang}\: \textrm{benar}\: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad 1,\: 2,\: \textrm{dan}\: 3\\ &\textrm{B}.\quad 1\: \textrm{dan}\: 3\\ &\textrm{C}.\quad 2\: \textrm{dan}\: 4\\ &\textrm{D}.\quad 4\: \textrm{saja}\\ &\textrm{E}.\quad 1,\: 2,\: 3,\: \textrm{dan}\: 4 \end{array}.

\begin{tabular}{p{0.5cm}p{18.0cm}}\\ \fbox{27}.&Diketahui garis \textit{l} tegak lurus pada bidang \textit{V} dan garis \textit{k} tegak lurus pada bidang \textit{W}. Jika \textit{g} adalah garis potong bidang \textit{V} dan \textit{W} maka ....\\ &A.\quad \textit{l} tegak lurus pada \textit{W}\\ &B.\quad \textit{k} tegak lurus pada \textit{V}\\ &C.\quad \textit{g} tegak lurus dengan garis \textit{l} dan \textit{k}\\ &D.\quad \textit{V} tegak lurus pada \textit{W}\\ &E.\quad \textit{l} dan \textit{k} berpotongan\end{tabular}.

\begin{tabular}{p{0.5cm}p{16.0cm}}\\ \fbox{28}.&Pernyataan berikut adalah benar berkaitan dengan kubus ABCD.EFGH, \textit{kecuali}\, ....\\ &A.\quad Garis AB terletak pada bidang alas\\ &B.\quad Titik G terletak pada bidang atas\\ &C.\quad Garis CG memotong bidang alas dan bidang atas\\ &D.\quad Garis AB sejajar dengan CD dan tegak lurus terhadap bidang atas\\ &E.\quad Bidang ABFE tegak lurus terhadap bidang alas dan bidang atas \end{tabular}.

\fbox{29}. Perhatikanlah kubus ABCD.EFGH berikut

188

\begin{array}{ll}\\ .\qquad &\textrm{Titik}\: P,\: Q,\: \textrm{dan}\: R\: \textrm{terletak}\: \textrm{pada}\: \textrm{perpanjangan}\: BA,\: DC,\: \textrm{dan}\: FE.\\ &\textrm{Jika}\: AP=\displaystyle \frac{1}{2}AB,\: CQ=\displaystyle \frac{1}{2}CD,\: \textrm{serta}\: ER=\displaystyle \frac{1}{2}EF,\: \textrm{maka}\: \textrm{bidang}\: \textrm{yang}\: \textrm{melalui}\: P,\: Q\: \textrm{serta}\: R\: \textrm{dan}\: \textrm{membagi}\: \textrm{kubus}\\ &\textrm{menjadi}\: \textrm{dua}\: \textrm{bagian}\: \textrm{dengan}\: \textrm{perbandingan}....\\ &\textrm{A}.\quad \sqrt{3}:1\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{D}.\quad 2:\sqrt{5}\\ &\textrm{B}.\quad \sqrt{2}:1\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{E}.\quad 2:\sqrt{6}\\ &\textrm{C}.\quad 1:1 \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{30}. &\textrm{Diketahui}\: \textrm{pada}\:\textrm{ kubus}\: \textrm{ABCD.EFGH}\: \textrm{sudut}\: \textrm{antara}\: \textrm{BG}\: \textrm{dengan}\: \textrm{bidang}\: \textrm{BDHF}\: \textrm{adalah}\: \alpha.\\ &\textrm{Nilai}\: \tan \alpha =....\\ &\textrm{A}.\quad \sqrt{3}\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{3}\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{3}\qquad\qquad\qquad\quad \, \, \textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{1}{3}\sqrt{2}\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{2} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{31}.&(\textrm{EBTANAS}\: 1986)\\ &\textrm{Sebuah}\: \textrm{kubus}\: \textrm{ABCD.EFGH}\: \textrm{memiliki}\: \textrm{panjang}\: \textrm{rusuk}\: 10\: \textrm{cm}.\: \textrm{Jarak}\: \textrm{titik}\: \textrm{F}\: \textrm{ke}\: \textrm{garis}\: \textrm{AC}\: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad 3\sqrt{6}\: \textrm{cm}\qquad\qquad\qquad\quad \, \textrm{D}.\quad 10\sqrt{2}\: \textrm{cm}\\ &\textrm{B}.\quad 5\sqrt{2}\: \textrm{cm}\qquad\qquad\qquad\quad \: \textrm{E}.\quad 10\sqrt{6}\: \textrm{cm}\\ &\textrm{C}.\quad 5\sqrt{6}\: \textrm{cm} \end{array}.

\begin{array}{ll}\\ \fbox{32}.&(\textrm{UMPTN}\: 1993)\\ &\textrm{Sebuah}\: \textrm{kubus}\: \textrm{ABCD.EFGH}\: \textrm{memiliki}\: \textrm{panjang}\: \textrm{rusuk}\: a.\: \textrm{Jika}\: \textrm{P}\: \textrm{adalah}\: \textrm{titik}\: \textrm{tengah}\: \textrm{AE},\: \textrm{maka}\: \textrm{luas}\: \textrm{irisan}\: \textrm{bidang}\: \textrm{datar}\\ &\textrm{yang}\: \textrm{melalui}\: \textrm{titik}\: \textrm{B},\: \textrm{H}\: \textrm{dan}\: \textrm{P}\: \textrm{dengan}\: \textrm{kubus}\: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad 2a^{2}\sqrt{2}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{D}.\quad \left ( 1+\sqrt{2} \right )a^{2}\\ &\textrm{B}.\quad a^{2}\sqrt{6}\qquad\qquad\qquad\quad \: \,\, \textrm{E}.\quad \left ( 1+\sqrt{3} \right )a^{2}\\ &\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{a^{2}}{2}\sqrt{6} \end{array}.

\fbox{33}. (EBTANAS 1991)Perhatikanlah gambar limas segitiga beraturan D.ABC berikut

254

\begin{array}{ll}\\ .\qquad &\textrm{Jarak}\: \textrm{titik}\: \textrm{D}\: \textrm{ke}\: \textrm{bidang}\: \textrm{ABC}\: \textrm{adalah}\: .... \\ &\textrm{A}.\quad \sqrt{52}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{D}.\quad \sqrt{37}\\ &\textrm{B}.\quad \sqrt{54}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{E}.\quad \sqrt{27}\\ &\textrm{C}.\quad \sqrt{44}\end{array}.

\fbox{34}. (EBTANAS 1990)Gambar berikut adalah sebuah limas beraturan T.ABCD  berikut

255

\begin{array}{ll}\\ .\qquad &\textrm{Besar}\: \textrm{sudut}\: \textrm{antara}\: \textrm{TB}\: \textrm{dengan}\: \textrm{bidang}\: \textrm{ABCD}\: \textrm{adalah}\: .... \\ &\textrm{A}.\quad 25^{0}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{D}.\quad 60^{0}\\ &\textrm{B}.\quad 30^{0}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{E}.\quad 75^{0}\\ &\textrm{C}.\quad 45^{0}\end{array}.

\fbox{35}. (EBTANAS 1993)Gambar berikut adalah sebuah limas beraturan T.ABCD  berikut

256

\begin{array}{ll}\\ .\qquad &\textrm{Nilai}\: \textrm{tangen}\: \textrm{sudut}\: \textrm{yang}\: \textrm{dibentuk}\: \textrm{bidang}\: \textrm{tegak}\: \textrm{TBC}\: \textrm{dengan}\: \textrm{bidang}\: \textrm{alas}\: \textrm{ABCD}\: \textrm{adalah}\: .... \\ &\textrm{A}.\quad 4\qquad\qquad\qquad\quad\quad\: \, \textrm{D}.\quad 8\\ &\textrm{B}.\quad 4\sqrt{2}\qquad\qquad\qquad\quad \textrm{E}.\quad 6\sqrt{2}\\ &\textrm{C}.\quad 6\end{array}.

Sumber Referensi

  1. Kanginan, Marthen. 2007. Matematika untuk Kelas X Semester 2 Sekolah Menengah Atas. Bandung: GRAFINDO MEDIA PRATAMA.
  2. Kurnianingsih, Sri , Kuntarti dan Sulistiyono. 2007. Matematika SMA dan MAuntuk Kelas X Semester 2 Standar Isi 2006. Jakarta: esis.
  3. Marwanta, dkk. 2013. Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Yudistira.
  4. Sembiring, Suwah. 2003. Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika untuk SMU 1B. Bandung: YRAMA WIDYA.
  5. Tim Inovasi Guru Matematika SMA. Suplemen Matematika KBK Kelas X Semester II.Semarang: CV. Sarana Ilmu.
  6. Wirodikromo, Sartono. 2007. Matematika SMA 1. Jakarta: Erlangga.

Tentang ahmadthohir1089

Nama saya Ahmad Thohir, asli orang Purwodadi lahir di Grobogan 02 Februari 1980. Pendidikan : Tingkat dasar lulus dari MI Nahdlatut Thullab di desa Manggarwetan,kecamatan Godong lulus tahun 1993. dan untuk tingkat menengah saya tempuh di MTs Nahdlatut Thullab Manggar Wetan lulus tahun 1996. Sedang untuk tingkat SMA saya menamatkannya di MA Futuhiyyah-2 Mranggen, Demak lulus tahun 1999. Setelah itu saya Kuliah di IKIP PGRI Semarang pada fakultas FPMIPA Pendidikan Matematika lulus tahun 2004. Pekerjaan : Sebagai guru (PNS DPK Kemenag) mapel matematika di MA Futuhiyah Jeketro, Gubug. Pengalaman mengajar : 1. GTT di MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan Gubug tahun 2003 s/d 2005 2. GTT di SMK Negeri 3 Semarang 2005 s/d 2009 3. GT di MA Futuhiyah Jeketro Gubug sejak 1 September 2009
Pos ini dipublikasikan di Info, Matematika, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s