Pembahasan UN Matematika IPA SMA/MA 2014 (1)

Menyongsong UN 2015 khususnya Mapel Matematika IPA

Contoh Soal dan Pembahasan UN 2014 Mapel  Matematika IPA

dari salah satu atau beberapa lembar soal UN tahun pelajaran 2013/2014

(Mohon maaf dan koreksinya apabila nantinya ditemukan ada kesalahan-kesalahan dan atau kekurangan)

\LARGE\fbox{\LARGE\fbox{Soal Dan Pembahasan}}

\boxed{1}. Diketahui premis-premis berikut:

\begin{tabular}{cp{14.0cm}}\\ 1.& Jika semua pejabat negara tidak korupsi,maka Negara tambah maju.\\ 2.& Negara tidak tambah maju atau rakyat makmur.\\ 3.& Rakyat tidak makmur \\\end{tabular} .

Kesimpulan yang sah dari premis-premis tersebut adalah …

\begin{tabular}{ccp{9.0cm}}\\ &A.&Semua pejabat negara tidak korupsi\\ &B.&Semua pejabat negara korupsi\\ &C.&Beberapa pejabat negara korupsi\\ &D.&Semua pejabat negara korupsi\\ &E.&Korupsi tidak merajalela\\ \end{tabular} .

Pembahasan:

Diketahui sebuah proses penarikan kesimpulan(komplek) dengan unsur

\begin{tabular}{ccp{9.0cm}}\\ p&=&Semua pejabat negara tidak korupsi\\ q&=&Negara tambah maju\\ r&=&Rakyat makmur \end{tabular} .

\begin{matrix} 1. & p \rightarrow q \\ 2. & \sim q \vee r\\ 3. & \sim r \\ \end{matrix}\left\{\begin{matrix} \begin{Bmatrix} p\rightarrow q\\ q\rightarrow r \end{Bmatrix}\\ \sim r \end{matrix}\right.\left\{\begin{matrix} p\rightarrow r\\ \sim r \end{matrix}\right..

———————————————-

\therefore \: \: \sim p.

Jadi kesimpulan yang dapat ditarik dari pernyataan di atas adalah : “Beberapa pejabat negara korupsi”.

\boxed{2}. Pernyataan “Jika pejabat negara jujur maka semua rakyat hidup sejahtera” setara dengan pernyataan …

\begin{tabular}{cp{16.0cm}}\\ A.&Jika pejabat negara tidak jujur, maka semua rakyat hidup tidak sejahtera.\\ B.&Jika pejabat negara tidak jujur, maka ada rakyat yang hidupnya tidak sejahtera.\\C.&Jika ada rakyat hidup tidak sejahtera, maka pejabat negara tidak jujur.\\D.&Pejabat negara tidak jujur dan semua rakyat hidup sejahtera.\\E.&Pejabat negara jujur atau semua rakyat hidup sejahtera.\\\end{tabular}.

Pembahasan:

Suatu implikasi dari pernyataan p ke q memiliki kesetaraan dengan pernyataan

\LARGE\boxed{p\rightarrow q\: \cong \: \: \sim q\rightarrow \, \sim p\: \cong \:\: \sim p\: \vee\: q}.

Sehingga pilihan yang paling tepat adalah C.

\boxed{3}. Bentuk sederhana dari \LARGE\left ( \frac{4a^{-2}b^{2}c}{12a^{-5}b^{4}c^{-1}} \right )^{-1} adalah ….

\begin{matrix} A. & \frac{3b^{2}}{a^{3}c}\\\\ B. & \frac{3b^{6}}{a^{7}c^{2}}\\\\ C. & \frac{3b^{2}}{a^{3}c^{2}}\\\\ D. & \frac{a^{3}c^{2}}{3b^{2}}\\\\ E. & \frac{a^{7}c^{2}}{3b^{6}} \end{matrix}.

Pembahasan:

\left ( \frac{4a^{-2}b^{2}c}{12a^{-5}b^{4}c^{-1}} \right )^{-1}=\left ( \frac{12a^{-5}b^{4}c^{-1}}{4a^{-2}b^{2}c} \right )=3a^{-5+2}b^{4-2}c^{-1-1}=3a^{-3}b^{2}c^{-2}=\frac{3b^{2}}{a^{3}c^{2}}.

\boxed{4}. Bentuk sederhana dari \frac{21}{2\sqrt{3}+\sqrt{5}} adalah ….

\begin{matrix} A. & 6\sqrt{3}-6\sqrt{5}\\\\ B. & 6\sqrt{3}-3\sqrt{5}\\\\ C. & 6\sqrt{3}-\sqrt{5}\\\\ D. & 6\sqrt{3}+\sqrt{5}\\\\ E. & 6\sqrt{3}+3\sqrt{5} \end{matrix}.

Pembahasan:

\frac{21}{2\sqrt{3}+\sqrt{5}}=\frac{21}{2\sqrt{3}+\sqrt{5}}\times \frac{2\sqrt{3}-\sqrt{5}}{2\sqrt{3}-\sqrt{5}}=\frac{21\left ( 2\sqrt{3} -\sqrt{5}\right )}{\left ( 2\sqrt{3} \right )^{2}-\left ( \sqrt{5} \right )^{2}}=\frac{21\left ( 2\sqrt{3}-\sqrt{5} \right )}{12-5}=3\left ( 2\sqrt{3} -\sqrt{5}\right )=6\sqrt{3}-3\sqrt{5}.

\boxed{5}. Nilai dari \frac{^8\log 2\: +\: ^2\log \sqrt{3}.\: ^3\log 16}{^3\log 5\: -\: ^3\log 15} = ….

\begin{matrix} A. & -2\\\\ B. & -\frac{7}{3}\\\\ C. & \frac{2}{3}\\\\ D. & 2\\\\ E. & \frac{7}{3} \end{matrix}.

Pembahasan:

\frac{^8\log 2\: +\: ^2\log \sqrt{3}.\: ^3\log 16}{^3\log 5\: -\: ^3\log 15}\\\\ =\frac{^{^{2^{3}}}\log 2^{1}\: +\:^2\log 3^{\frac{1}{2}}.\: ^3\log 2^{4} }{^3\log \frac{5}{15}}\\\\ =\frac{\frac{1}{3}\times\: ^2\log 2\: +\: \frac{1}{2}\times 4\times\: ^2\log 2}{^3\log \frac{1}{3}}\\\\ =\frac{\frac{1}{3}\: +\: 2}{-1}\\\\ =-2\frac{1}{3}\\\\ =-\frac{7}{3}.

\boxed{6}. Akar-akar persamaan kuadrat x^{2}+\left ( p+1 \right )x+8=0 adalah \alpha dan \beta . Jika \alpha =\frac{1}{2}\beta dan \alpha ,\: \beta positif , maka nilai p adalah ….

\begin{matrix} A. & 8\\ B. & 7\\ C. & 6\\ D. & -7\\ E. & -8 \end{matrix}.

Pembahasan:

Diketahui persamaan kuadrat

x^{2}+\left ( p+1 \right )x+8=0\: \left\{\begin{matrix} \alpha \\ \\ \beta \end{matrix}\right.\: dengan \: \left\{\begin{matrix} a=1\\ \\ b=p+1\\ \\ c=8 \end{matrix}\right.\: \left\{\begin{matrix} \alpha +\beta =\frac{-b}{a}\\ \\ \\ \alpha \times \beta =\frac{c}{a} \end{matrix}\right..

Karena \alpha =\frac{1}{2}\beta  dan keduanya positif, maka

\alpha \times \beta =\frac{1}{2}\beta \times \beta =\frac{1}{2}\beta ^{2}=8\\\\ \beta ^{2}=16\\\\ \beta ^{2}=4^{2}\\\\ \beta =4.

Sehingga \alpha =\frac{1}{2}\beta =\frac{1}{2}\times 4=2. Selanjutnya untuk mencari nilai p dengan

\alpha +\beta =\frac{-b}{a}=\frac{-p-1}{1}=2+4=6\\\\ -p=7\\\\ p=-7.

Jadi nilai  p=-7.

\boxed{7}. Batas-batas nilai p agar persamaan kuadrat x^{2}+\left ( p+2 \right )x+\left ( p+5 \right )=0 memiliki dua akar real dan berlainan adalah ….

\begin{matrix} A. & -2< p< 2\\\\ B. & -4< p< 4\\\\ C. & p< 2\: atau\: p> 5\\\\ D. & p< -2\: atau\: p> 2\\\\ E. & p< -4\: atau\: p> 4 \end{matrix}.

Pembahasan:

Sebagai pengingat tentang persamaan kuadrat berkaitan jenis akar-akarnya yang tergantung nilai diskriminan D dengan D=b^{2}-4ac adalah sebagai berikut:

\begin{array}{|c|c|p{6.0cm}|}\hline NO&Jenis\quad D&Penjelasan nilai D\\\hline 1&D> 0&Persamaan kuadrat memiliki 2 akar real dan berbeda\\\hline 2&D=0&Persamaan kuadrat memiliki 2 akar real dan kembar\\\hline 3&D< 0&Persamaan kuadrat memiliki 2 akar tidak real/imajiner/khayal dan berbeda\\\hline \end{array}.

Sehingga kita gunakan yang D> 0 , yaitu

x^{2}+\left ( p+2 \right )x+\left ( p+5 \right )=0\: \left\{\begin{matrix} a=1\\ \\ b=p+2\\ \\ c=p+5 \end{matrix}\right.\\\\ b^{2}-4ac> 0\\\\ \left ( p+2 \right )^{2}-4.1.\left ( p+5 \right )> 0\\\\ p^{2}+4p+4-4p-20> 0\\\\ p^{2}-16> 0\\\\ \left ( p+4 \right )\left ( p-4 \right )> 0.

Dengan melihat kondisi tersebut di atas maka jawaban yang tepat adalah E.

\boxed{8}. Dina, Ety, dan Feby belanja  di toko yang sama. Dina membeli 5 bungkus mie dan 2 kaleng susu kental seharga Rp25.500,00. Ety membeli 10 bungkus mie dan 3 kaleng susu kental seharga Rp42.000,00. Jika Feby membeli 1 bungkus mie dan 1 kaleng susu kental, Feby harus membayar sebesar ….

\begin{matrix} A. & Rp13.000,00\\ B. & Rp12.000,00\\ C. & Rp10.500,00\\ D. & Rp11.000,00\\ E. & Rp12.500,00 \end{matrix} .

Pembahasan:

Misalkan \left\{\begin{matrix} m &=&mie& \\ \\ k &=&kaleng &susu \end{matrix}\right..

Sehingga

 \left\{\begin{matrix} 5m & + & 2k & = & 25.500\\ \\ 10m & + & 3k &= & 42.000 \end{matrix}\right.. Dengan cara eliminasi dan atau substitusi kita akan mendapatkan

m=1.500,00\: \: dan\: \: k=9.000,00\\ \\ jadi\\ \\ m+k=1.500+9.000=10.500.

\boxed{9}. Persamaan garis singgung pada lingkaran 2x^{2}+2y^{2}-4x+8y-8=0 yang sejajar dengan garis 5x+12y-15=0 adalah ….

\begin{matrix} A. & 5x+12y-20=0 & dan & 5x+12y+58=0 \\\\ B. &5x+12y-20=0 & dan & 5x+12y+20=0 \\\\ C. & 12x+5y-20=0 & dan & 12x+5y+20=0 \\\\ D. & 12x+5y=-20 & dan & 5x+12y=58 \\\\ E. & 5x+12y=-20 & dan & 5x+12y=58 \end{matrix}.

Pembahasan:

Diketahui persamaan lingkaran x^{2}+y^{2}-2y+4y-4=0\: \Rightarrow \: \left ( x-1 \right )^{2}+\left ( y+2 \right )^{2}=9 dengan \left\{\begin{matrix} r & = & 3\\ \\ pusat & = & \left ( 1,-2 \right ) \end{matrix}\right. dan garis singgungnya yang sejajar dengan garis 5x+12y-15=0\: \Rightarrow \: 12y=-5x+15\: \Rightarrow \: y=\frac{-5x+15}{12}\: \Rightarrow \: m=-\frac{5}{12}.

Persamaan garis singgung lingkaran yang berpusat di \left ( a,b \right ) , yaitu:

\LARGE\boxed{y-b=m\left ( x-a \right )\pm r\sqrt{1+m^{2}}}.

Selanjutnya

y-b=m\left ( x-a \right )\pm r\sqrt{1+m^{2}}\\\\ y+2=\left ( -\frac{5}{12} \right )\left ( x-1 \right )\pm 3\sqrt{1+\left ( -\frac{5}{12} \right )^{2}}\\\\ y+2=\left ( -\frac{5}{12} \right )\left ( x-1 \right )\pm 3.\frac{13}{12}\\\\ 12y+24=-5x+5\pm 39\\\\ 5x+12y+19\pm 39=0\left\{\begin{matrix} 5x & + & 12y & +58 & = & 0\\ \\ 5x & + & 12y & -20 & = & 0 \end{matrix}\right..

Jadi, jawabnya adalah pilihan A.

\boxed{10}. Suku banyak berderajat 3 , jika dibagi  \left ( x^{2}+2x-3 \right )  bersisa  \left ( 3x-4 \right ) , jika dibagi  \left ( x^{2}-x-2 \right ) bersisa \left ( 2x+3 \right ). Suku banyak tersebut adalah ….

\begin{matrix} A. &x^{3}-x^{2}-2x-1\\\\ B. &x^{3}+x^{2}-2x-1 \\\\ C. &x^{3}+x^{2}+2x-1 \\\\ D. &x^{3}+2x^{2}-x-1 \\\\ E. &x^{2}+2x^{2}+x+1 \end{matrix}.

Pembahasan:

Polinom(suku banyak) berderajat 3 tersebut dapat kita tuliskan dengan

f\left ( x \right )=\left\{\begin{matrix} \left ( x+3 \right )\left ( x-1 \right )\left ( ax+b \right ) +\left ( 3x-4 \right ) \\ \left ( x-2 \right ) \left ( x+1 \right )\left ( px+q \right )+\left ( 2x+3 \right ) \end{matrix}\right..

f\left ( x \right )=\left\{\begin{matrix} \left ( x^{2}+2x-3 \right )\left ( ax+b \right ) +\left ( 3x-4 \right ) \\ \left ( x^{2}-x-2 \right )\left ( px+q \right )+\left ( 2x+3 \right ) \end{matrix}\right.\\\\\\ f\left ( x \right )=\left\{\begin{matrix} \left ( x-1 \right )\left ( x+3 \right )\left ( ax+b \right )+\left ( 3x-4 \right )\\ \left ( x-2 \right )\left ( x+1 \right )\left ( px+q \right )+\left ( 2x+3 \right ) \end{matrix}\right.\\\\ Sehingga\: \: dari\: \: persamaan \: \: pertama\: \: didapatkan\\\\ f\left ( 1 \right )=-1,\: \: dan\\\\ f\left ( -3 \right )=-13\\\\ Dari\: \: tersebut\: \: kemudian\: \: kita\: \: substitusikan\: \: ke\: \: persamaan\: \: 2\\\\ Dan\: \: kita\: \: mendapatkan\\\\ p+q=3\: .....................................1)\\\\ -3p+q=-1\: .............................2).

Dengan mengeliminasi kedua persamaan tersebut di atas kita mendapatkan  \left\{\begin{matrix} p=1\\ \\ q=2 \end{matrix}\right..

Akhirnya

f\left ( x \right )=\left ( x^{2}-x-2 \right )\left ( px+q \right )+\left ( 2x+3 \right )\\\\ f\left ( x \right )=\left ( x^{2}-x-2 \right )\left ( x+2 \right )+\left ( 2x+3 \right )\\\\ f\left ( x \right )=x^{3}+2x^{2}-x^{2}-2x-2x-4+2x+3\\\\ f\left ( x \right )=x^{3}+x^{2}-2x-1\\\\ Jadi,\: \: pilihan\: \: yang\: \: tepat\: \: adalah\: \: B.

\boxed{11}. Diketahui  f\left ( x \right )=4x+2\: \:\: dan\: \: \: g\left ( x \right )=\frac{x-3}{x+1},\: x\neq -1. Invers dari \left ( gof \right )\left ( x \right ) adalah ….

\begin{matrix} A. &\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{4x+1}{3x+4},\: x\neq -\frac{4}{3} \\\\ B. &\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{4x-1}{-3x+4},\: x\neq \frac{4}{3} \\\\ C. &\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{3x-1}{4x+4},\: x\neq -1 \\\\ D. &\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{3x+1}{4-4x},\: x\neq 1 \\\\ E. &\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{3x+1}{4x+4},\: x\neq -1 \end{matrix}.

Pembahasan:

\left ( gof \right )\left ( x \right )=g\left ( f\left ( x \right ) \right )=\frac{\left ( 4x+2 \right )-3}{\left ( 4x+2 \right )+1}=\frac{4x-1}{4x+3}\\.

\begin{array}{|c|c|c|}\hline NO&f(x)&f^{-1}(x)\\\hline 1&ax+b&\displaystyle \frac{x-b}{a}\\\hline 2&\displaystyle \frac{ax+b}{cx+d}&\displaystyle \frac{-dx+b}{cx-a}\\\hline 3&\sqrt{ax+b}&\displaystyle \frac{1}{a}\left ( x^{2}-b \right )\\\hline 4&\displaystyle a^{px}&\displaystyle \frac{1}{p}.^{a}\log x\\\hline 5&^{a}\log px&\displaystyle \frac{1}{p}.a^{x}\\\hline \end{array}.

Sehingga

\left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{-3x-1}{4x-4},\: x\neq 1\\ \\ atau\\ \\ \left ( gof \right )^{-1}\left ( x \right )=\frac{3x+1}{4-4x},\: x\neq 1\\ \\ Jadi, \: \: pilihan\: \: yang\: \: tepat\: \: adalah\: \: D.

\boxed{12}. Di Zedland ada dua media massa koran yang sedang mencari orang untuk bekerja sebagai penjual koran.

104

Joko memutuskan untuk melamar menjadi penjual koran. Ia perlu memilih beekerja pada Media Zedland atau Harian Zedland.

Grafik manakah di bawah ini yang menggambarkan bagaimana koran membayar penjual-penjualnya?

105

106

107

108

109

Pembahasan:

MEDIA\: \: ZEDLAND\\ \\ Misalkan\: fungsi\: f\: sebagai\: Fungsi\: gaji,\: dan \\ \: x\: sebagai\: jumlah\: koran\: yang\: terjual . \\ \\ maka, \\ f\left ( x \right )=\left\{\begin{matrix} 0,2x &,&x\leq 240 \\ \\ 0,6x &,&x> 240 \end{matrix}\right..

Sedangkan

HARIAN\: \: ZEDLAND\\ \\ Misalkan\: fungsi\: g\: sebagai\: Fungsi\: gaji,\: dan \\ \: x\: sebagai\: jumlah\: koran\: yang\: terjual . \\ \\ maka, \\ g\left ( x \right )=60+0,05x.

Dengan kondisi ini maka gambar yang sesuai adalah pilihan C.

\boxed{13}. Diketahui matriks  A=\begin{pmatrix} 3 & 1\\ 2m &-3 \end{pmatrix},\: B=\begin{pmatrix} n+1 & 3\\ m-n & 0 \end{pmatrix},\:\: dan\:\: C=\begin{pmatrix} 5 & -4\\ 2 & -3 \end{pmatrix} . Jika matriks C^{t} adalah transpose dari matriks C dan A+B=C^{t} , nilai 3m+2n = ….

\begin{matrix} A. & -25\\\\ B. & -14\\\\ C. & -11\\\\ D. & -7\\\\ E. & -1 \end{matrix}.

Pembahasan:

\begin{pmatrix} 3 & -1\\ 2m & -3 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} n+1 & 3\\ m-n & 0 \end{pmatrix}=\begin{pmatrix} 5 & -4\\ 2 & -3 \end{pmatrix}^{t}\\ \\ \begin{pmatrix} 3 & -1\\ 2m & -3 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} n+1 & 3\\ m-n & 0 \end{pmatrix}=\begin{pmatrix} 5 & 2\\ -4 & -3 \end{pmatrix}\\ \\ \begin{pmatrix} 3+n+1 & -1+3\\ 2m+m-n &-3+0 \end{pmatrix} =\begin{pmatrix} 5 & 2\\ -4 & -3 \end{pmatrix}\\ \\ \begin{pmatrix} n+4 & 2\\ 3m-n & -3 \end{pmatrix}=\begin{pmatrix} 5 & 2\\ -4 & -3 \end{pmatrix}...............\left\{\begin{matrix} n=1 \\ \\ m=-1 \end{matrix}\right..

Sehingga 3m+2n=3\left ( -1 \right )+2\left ( 1 \right )=-3+2=-1 .

Jadi, jawaban E.

\boxed{14}. Diketahui vektor-vektor  \vec{a}=\begin{pmatrix} 1\\ 2\\ -3 \end{pmatrix},\: \: \vec{b}=\begin{pmatrix} 4\\ 4\\ m \end{pmatrix},\: \: dan\: \: \vec{c}=\begin{pmatrix} 3\\ -4\\ 5 \end{pmatrix} . Jika  \vec{a}  tegak lurus  \vec{b} , hasil dari  2\vec{a}-\vec{b}-\vec{c} = ….

\begin{matrix} A. & \begin{pmatrix} -5\\ 4\\ -15 \end{pmatrix}\\\\ B. & \begin{pmatrix} -5\\ 4\\ -10 \end{pmatrix}\\\\ C. & \begin{pmatrix} -5\\ 4\\ -6 \end{pmatrix}\\\\ D. & \begin{pmatrix} -5\\ 4\\ -4\end{pmatrix}\\\\ E. & \begin{pmatrix}-5\\4\\-2\end{pmatrix} \end{matrix}   .

Pembahasan:

Diketahui  \vec{a}  tegak lurus  \vec{b} , maka

\vec{a}.\vec{b}=0\\\\ 4+8-3m=0\\\\ -3m=-12\\\\ m=4.

Sehingga,

2\vec{a}-\vec{b}-\vec{c}\\\\\\ \: \: =2\begin{pmatrix} 1\\ 2\\ -3 \end{pmatrix}-\begin{pmatrix} 4\\ 4\\ 4 \end{pmatrix}-\begin{pmatrix} 3\\ -4\\ 5 \end{pmatrix}\\\\\\ \: \: =\begin{pmatrix} 2\\ 4\\ -6 \end{pmatrix}-\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 9 \end{pmatrix}\\\\\\ \: \: =\begin{pmatrix} -5\\ 4\\ -15 \end{pmatrix}.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

\boxed{15}. Diketahui vektor-vektor  \vec{u}=b\vec{i}-12\vec{j}+a\vec{k}\: \: \: dan\: \: \: \: \vec{v}=a\vec{i}+a\vec{j}-b\vec{k} . Sudut antara vektor  \vec{u}\: \: \: dan\: \: \: \: \vec{v}  adalah  \theta  dengan  \cos \theta =\frac{\sqrt{3}}{4}  . Proyeksi vektor  \vec{u}\: \: \: pada\: \: \: \: \vec{v}  adalah  \vec{p}=-4\vec{i}-4\vec{j}+4\vec{k} . Nilai dari  b  =….

\begin{matrix} A. & 4\sqrt{7}\\\\ B. & 2\sqrt{14}\\\\ C. & 2\sqrt{7}\\\\ D. & \sqrt{14}\\\\ E. & \sqrt{7} \end{matrix}   .

Jawab: B

\boxed{16}. Diketahui vektor  \vec{a}=2\vec{i}-2p\vec{j}+4\vec{k}\: \: \: dan\: \: \: \: \vec{b}=\vec{i}-3\vec{j}+4\vec{k} . Jika panjang proyeksi vektor  \vec{a}\: \: \: pada\: \: \: \: \vec{b} adalah  \frac{6}{\sqrt{26}} , maka nilai  p = ….

\begin{matrix} A. & -3\\\\ B. & -2\\\\ C. & -1\\\\ D. & 1\\\\ E. & 3 \end{matrix}   .

Jawab: B .

\boxed{17}. Persamaan bayangan lingkaran  x^{2}\:\:+\:\:y^{2}=4   bila dicerminkan terhadap garis  x\:=\:2 dan dilanjutkan dengan translasi  \begin{pmatrix}-3\\4\end{pmatrix}  adalah  ….

\begin{matrix} A.&x^{2}+y^{2}-2x-8y+13=0\\\\B.&x^{2}+y^{2}+2x-8y+13=0\\\\C.&x^{2}+y^{2}-2x+8y+13=0\\\\D.&x^{2}+y^{2}+2x+8y+13=0\\\\E.&x^{2}+y^{2}+8x-2y+13=0\end{matrix} .

Jawab : A .

\boxed{18}. Penyelesaian dari  3^{2x+3}\:-\:84.3^x\:+\:9\:\geq0  adalah ….

\begin{matrix} A. & -1\leq x\leq 2\\\\ B. & -2\leq x\leq 1\\\\ C. & x\leq -2&atau&x\geq -1\\\\ D. & x\leq -2&atau&x\geq 1\\\\E. & x\leq 1&atau&x\geq 2 \end{matrix} .

Jawab: D

\boxed{19}. Penyelesaian pertidaksamaan  ^2\log x.\:^{x+1}\log 4<2-\:^{x+1}\log 4  adalah ….

\begin{matrix} A. & x> \frac{1}{3}\\\\ B. & x> 1\\\\ C. & 0< x< 1\\\\ D. & 0< x< \frac{1}{3}\\\\ E. & \frac{1}{3}< x< 1\end{matrix}  .

Jawab: C

\boxed{20}. Tempat duduk gedung pertunjukan film diatur mulai dari baris depan ke belakang dengan banyak baris di belakang lebih 4 kursi dari baris di depannya. Bila dalam gedung pertunjukan terdapat 15 baris kursi dan baris terdepan ada 20 kursi, kapasitas gedung pertunjukan tersebut adalah ….

\begin{tabular}{ccp{9.0cm}}\\ &A.&1.200 kusi\\ &B.&800 kursi\\ &C.&720 kursi\\ &D.&600 kursi\\ &E.&300 kursi\\ \end{tabular}  .

Jawab: C

Moga dapat berlanjut

Tentang ahmadthohir1089

Nama saya Ahmad Thohir, asli orang Purwodadi lahir di Grobogan 02 Februari 1980. Pendidikan : Tingkat dasar lulus dari MI Nahdlatut Thullab di desa Manggarwetan,kecamatan Godong lulus tahun 1993. dan untuk tingkat menengah saya tempuh di MTs Nahdlatut Thullab Manggar Wetan lulus tahun 1996. Sedang untuk tingkat SMA saya menamatkannya di MA Futuhiyyah-2 Mranggen, Demak lulus tahun 1999. Setelah itu saya Kuliah di IKIP PGRI Semarang pada fakultas FPMIPA Pendidikan Matematika lulus tahun 2004. Pekerjaan : Sebagai guru (PNS DPK Kemenag) mapel matematika di MA Futuhiyah Jeketro, Gubug. Pengalaman mengajar : 1. GTT di MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan Gubug tahun 2003 s/d 2005 2. GTT di SMK Negeri 3 Semarang 2005 s/d 2009 3. GT di MA Futuhiyah Jeketro Gubug sejak 1 September 2009
Pos ini dipublikasikan di Info, Matematika, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s