Kumpulan Soal (Lanjutan 3)

32. Diketahui sistem persamaan \left\{\begin{matrix} xy & + & y^{2} & = & 0\\ x & - & 2y & = & 3 \end{matrix}\right. adalah ….

\begin{matrix} a. & & -1 & & & & d. & &2 \\ & & & & & & & & \\ b. & & 0 & & & & e. & & 4\\ & & & & & & & & \\ c. & & 1 & & & & & & \end{matrix}   .

33. Jika penyelesaian dari sistem persamaan \left\{\begin{matrix} y & = & x^{2} & - & 9\\ y & = & x & + & 3 \end{matrix}\right. adalah \left ( m,n \right ) , maka nilai m^{2}+n^{2} adalah ….

\begin{matrix} a. & & 65 & & & & d. & &9 \\ & & & & & & & & \\ b. & & 39 & & & & e. & & 5\\ & & & & & & & & \\ c. & & 17 & & & & & & \end{matrix}   .

34. Diketahui sistem persamaan \begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & + & 2x & - & 5y & =&21\\ x & - & y&+ & 4 & = & 0 & & \end{matrix} mempunyai penyelesaian \left ( x_{1},y_{1} \right ) dan \left ( x_{2},y_{2} \right ) . Nilai dari x_{1}.x_{2}\: +\: y_{1}.y_{2} adalah ….

\begin{matrix} a. & & -7 & & & & d. & & -6\\ & & & & & & & & \\ b. & & -1 & & & & e. & & -19\\ & & & & & & & & \\ c. & & 6 & & & & & & \end{matrix}   .

35. Jika diketahui

\begin{matrix} x & + & y & + & z & = & 18\\ x^{2} & + & y^{2} & + & z^{2} & = & 756\\ x^{2} & = & yz & & & & \end{matrix}

maka nilai x adalah ….

\begin{matrix} a. & & -18 & & & & d. & & 12\\ & & & & & & & & \\ b. & & -12 & & & & e. & & 18\\ & & & & & & & & \\ c. & & 1 & & & & & & \end{matrix}  .

36. (SIMAK UI 2009) Himpunan penyelesaian untuk sistem persamaan \left\{\begin{matrix} x & - & y & = & 7\\ y & = & x^{2} & + & 3x&-&10 \end{matrix}\right.  adalah \left \{ \left ( x_{1},y_{1} \right ),\left ( x_{2},y_{2} \right ) \right \} . Nilai dari  y_{1}+y_{2}  adalah ….

\begin{matrix} a. & & -16 & & & & d. & & 12\\ & & & & & & & & \\ b. & & -2 & & & & e. & & 20\\ & & & & & & & & \\ c. & & 8 & & & & & & \end{matrix}  .

37 . Coba Anda perhatikan ilustrasi gambar berikut

83

Sistem pertidaksamaan yang sesuai untuk daerah yang diarsir adalah ….

\begin{matrix} a. & \left\{\begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & \leq &16\\ y & \geq & 2x & -&3 \end{matrix}\right.\\\\ b. & \left\{\begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & \geq &16 \\ y & < & 2x & - & 3 \end{matrix}\right.\\\\ c. & \left\{\begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & < & 16\\ y & < & 2x & - & 3 \end{matrix}\right.\\\\ d. &\left\{\begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & \leq & 16\\ y & > & 2x & - & 3 \end{matrix}\right. \\\\ e. & \left\{\begin{matrix} x^{2} & + & y^{2} & \leq & 16\\ y & \leq & 2x & - & 3 \end{matrix}\right. \end{matrix}  .

38. Perhatikan pula ilustrasi gambar berikut

82

Sistem pertidaksamaan yang sesuai dengan daerah yang diarsir adalah ….

\begin{matrix} a. & \left\{\begin{matrix} y & \geq & x^{2} & + & 2x & - & 15 & \\ y & \leq & -x^{2} & +&2x & + & 8 & \end{matrix}\right.\\ \\ b. & \left\{\begin{matrix} y & \geq & x^{2} & + & 2x & - & 15 & \\ y & \geq & -x^{2} & + &2x & + & 8 & \end{matrix}\right.\\\\ c. & \left\{\begin{matrix} y & \leq & x^{2} & + & 2x & + & 15 & \\ y & \leq & x^{2} & + & 2x & + &8 & \end{matrix}\right.\\\\ d. & \left\{\begin{matrix} y & \geq & -x^{2} & + & 2x & + & 8 & \\ y & \leq & x^{2} & + & 2x & - & 15 & \end{matrix}\right.\\\\ e. & \left\{\begin{matrix} y & \geq & -x^{2} & + & 2x & - & 15 & \\ y & \geq & -x^{2} & + & 2x & + & 8 & \end{matrix}\right. \end{matrix}  .

39. Perhatikan juga ilustrasi gambar berikut

84

Untuk daerah berarsir tersebut di atas, sistem pertidaksamaan yang sesuai adalah ….

\begin{matrix} a. & \left\{\begin{matrix} x & > & 2 & & & \\ 4x^{2} & + & 4y^{2} & \geq & 49 & \end{matrix}\right.\\\\ b. & \left\{\begin{matrix} y & > & 2 & & & \\ 4x^{2} & + & 4y^{2} & \geq & 49 & \end{matrix}\right.\\\\ c. & \left\{\begin{matrix} x & \geq & 2 & & & \\ 4x^{2} & + & 4y^{2} & \leq & 49 & \end{matrix}\right.\\\\ d. & \left\{\begin{matrix} x & < & 2 & & & \\ 25x^{2} & + & 25y^{2} & > &49 & \end{matrix}\right.\\\\ e. & \left\{\begin{matrix} y & \geq & 2 & & & \\ 25x^{2} & + & 25y^{2} & \leq & 49 & \end{matrix}\right. \end{matrix}  .

40. Banyaknya bilangan bulat yang memenuhi pertidaksamaan x^{2}-16x< -48 adalah ….

\begin{matrix} a. & & 0 & & & & d. & & 7\\ & & & & & & & & \\ b. & & 4 & & & & e. & & tak&terhingga\\ & & & & & & & & \\ c. & & 6 & & & & & & \end{matrix} .

41. Jika persamaan \left ( p+2 \right )x^{2}\: +\: 6x\: +\: 3p\: =\: 0  memiliki akar-akar real, maka nilai p adalah ….

\begin{matrix} a. & -3\leq p\leq 1\\\\ b. & -1\leq p\leq 3\\ \\ c. & 1\leq p\leq 3\\\\ d. & p\leq -1&atau&p\geq 3\\\\ e. & p\leq -3&atau&p\geq 1 \end{matrix}     .

42. Jika kedua akar persamaan kuadrat x^{2}+\left ( 2p-5 \right )x+\left ( p^{2}-2p-15 \right )=0  real dan negatif , maka nilai  p  adalah ….

\begin{matrix} a. & p< -3\\\\ b. & p< 5\\\\ c. & 5< p\leq 7\frac{1}{12}\\\\ d. & -3< p< 5\\\\ e. & p< -3&atau&p> 5 \end{matrix}    .

43. (SPMB 2004) Kurva parabola y=p^{2}x^{2}+px+p berada di bawah kurva parabola 2px^{2}-y+px+1=0  Jika ….

\begin{matrix} a. & 0< p< 2\\\\ b. & 0< p< 1\\\\ c. & 1< p< 2\\\\ d. & p< 0\\\\ e. & p> 2 \end{matrix}  .

44. Jika kurva f\left ( x \right )=px^{2}-2px+p seluruhnya berada di atas kurva g\left ( x \right )=2x^{2}-3 , maka nilai p  harus memenuhi ….

\begin{matrix} a. & p> 2\\\\ b. & p> 6\\\\ c. & 2< p< 6\\\\ d. & -6< p< 2\\\\ e. & p< -6 \end{matrix}   .

45. Jika semua x\in \mathbb{R} memenuhi pertidaksamaan  2x^{2}+4x+a^{2}> 6 , maka ….

\begin{matrix} a. & a> 2&atau&a< -2\\\\ b. & -2< a< 2\\\\ c. & -2\sqrt{3}< x< 2\sqrt{2}\\\\ d. & a< -2\sqrt{2}&atau&a> 2\sqrt{2}\\\\ e. & a< -3&atau&a> 3 \end{matrix}  .

Tentang ahmadthohir1089

Nama saya Ahmad Thohir, asli orang Purwodadi lahir di Grobogan 02 Februari 1980. Pendidikan : Tingkat dasar lulus dari MI Nahdlatut Thullab di desa Manggarwetan,kecamatan Godong lulus tahun 1993. dan untuk tingkat menengah saya tempuh di MTs Nahdlatut Thullab Manggar Wetan lulus tahun 1996. Sedang untuk tingkat SMA saya menamatkannya di MA Futuhiyyah-2 Mranggen, Demak lulus tahun 1999. Setelah itu saya Kuliah di IKIP PGRI Semarang pada fakultas FPMIPA Pendidikan Matematika lulus tahun 2004. Pekerjaan : Sebagai guru (PNS DPK Kemenag) mapel matematika di MA Futuhiyah Jeketro, Gubug. Pengalaman mengajar : 1. GTT di MTs Miftahul Mubtadiin Tambakan Gubug tahun 2003 s/d 2005 2. GTT di SMK Negeri 3 Semarang 2005 s/d 2009 3. GT di MA Futuhiyah Jeketro Gubug sejak 1 September 2009
Pos ini dipublikasikan di Info, Matematika, Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s